Tips Memilih Generator Set untuk Keperluan Rumah Tangga

Generator listrik merupakan peralatan listrik yang sangat berguna terutama ketika listrik padam. Ketersediaan listrik dari PLN ternyata belum cukup sehingga masih sering terjadi pemadaman listrik, baik yang dengan pemberitahuan (karena adanya perbaikan instalasi) maupun pemadaman yang tanpa pemberitahuan. Untuk itu sekarang ini telah banyak tempat jual genset yanmar 10 kva.

Banyak orang yang butuh dan ingin membeli genset, namun terkendala dengan pengetahuan yang minim tentang genset. Wajar saja, karena sekarang ini banyak tempat jual genset surabaya yang menawarkan berbagai jenis genset. Untuk itulah, jika Anda tidak cermat memilih maka bisa saja membeli genset yang memiliki kualitas rendah.

3 hal yang perlu diperhatikan ketika akan membeli generator listrik

Pilih jenis genset sesuai dengan kebutuhan rumah Anda

Terdapat 2 jenis genset yang sering digunakan untuk keperluan rumah tangga yaitu :

Standby genset (Silent genset)

Standby genset adalah genset yang dipasang secara permanen, genset jenis ini memiliki fungsi secara otomatis, ketika listrik PLN mati otomatis genset akan bekerja dan ketika listrik PLN menyala, otomatis genset tak bekerja.

Untuk bahan bakar, genset jenis ini ada yang berbahan bakar gas dan ada pula yang berbahan bakar solar, bila di rumah Anda telah memiliki saluran gas sendiri, mungkin genset jenis ini cocok untuk dipasang di rumah Anda.

Genset portabel (Open genset type)

Genset portabel memang cukup terkenal di Indonesia sebab harganya cukup murah dan mudah untuk ditemukan di tempat jual genset di Surabaya. Kelebihan dari genset portable ini adalah dapat ditempatkan di mana saja dan dapat dipindah-pindahkan ataupun dibawa bila Anda ingin melakukan aktivitas di luar ruangan dan membutuhkan listrik.

Untuk bahan bakarnya, genset jenis ini umumnya menggunakan bahan bakar bensin ataupun solar. Sedangkan untuk kekurangan genset jenis ini yaitu suaranya yang agak berisik dan pengoperasian yang lumayan sulit sebab masih menggunakan recoil/engkol.

Tentukan dahulu kebutuhan listrik

Sebelum Anda benar-benar memilih genset, tentukan terlebih dahulu peralatan apa saja yang akan Anda gunakan ketika listrik mati atau saat Anda menggunakan genset. Apabila Anda hanya ingin beberapa peralatan penting saja yang akan Anda nyalakan, milalnya lampu, tv, kulkas, pompa air, atau yang lainnya, maka Anda dapat membeli genset dengan kapasitas watt yang lebih rendah dari kapasitas listrik di rumah Anda.

Selain itu, tempat jual genset yanmar 10 kva biasanya akan merekomendasikan genset apa yang sesuai dengan kebutuhan listrik rumah Anda.

Pahami cara pengoperasian dan bahan bakar genset

Setidaknya terdapat 2 cara pengoperasian genset yang umum dan sesuai dengan kapasitas genset. Untuk genset kapasitas 750 hingga 2000 watt umumnya menggunakan recoil/engkol. Sedangkan untuk genset dengan kapasitas diatas 2500 watt sudah menggunakan starter.

Bensin dan solar merupakan bahan bakar utama untuk menjalankan genset. Umumnya solar digunakan untuk genset dengan kapasitas daya listrik yang besar. Sebaiknya, Anda meminta panduan mengenai cara pengoperasian genset pada orang yabg ahli di bidangnya.