Minuman segar terpopuler sepanjang masa, Point 3 hits banget nih sampai sekarang!

Minuman segar terpopuler sepanjang masa, Point 3 hits banget nih sampai sekarang!

Jika menelisik perkembangan minuman memang tidak ada habisnya, dari tahun ke tahun perkembangan minuman menjadi semakin luas. Mulai dari hanya satu rasa kini menjadi beraneka ragam  rasa dan varian. Berawal dari satu jenis minuman kini menjadi beragam jenis. Pada era tahun 1990an minuman yang dijual juga masih beberapa jenis saja. Bahkan di tahun 2000an perkembangan minuman belum berubah menjadi sepesat sekarang.

Namun ada beberapa minuman yang tak habis termakan oleh zaman. Tahun silih berganti minuman ini masih saja menunjukan ke eksis-annya. Sebelum menuju pembahasan yang lebih dalam di artikel ini,  coba tebak minuman apa sajakah yang dimaksud?

Indonesia memang kaya akan warisan budaya yang berasal dari setiap daerahnya, sehingga banyak jenis kuliner yang menggoyang lidah. Tak terkecuali dengan minumannya  yang melegenda. Berikut lima minuman segar terpopuler sepanjang masa :

 

  • Es dawet

 

Bagi orang awam sering menyamakan es dawet dengan es cendol, namun sebenarnya es dawet dan es cendol memiliki perbedaan. Sebutan es dawet berasal dari kota Banjarnegara Jawa tengah dengan bahan pembuatan dawetnya sendiri yaitu tepung beras atau tepung ketan. Sedangkan di daerah Jawa Barat lebih dikenal dengan es cendol, cendol terbuat dari tepung hunkwe. Namun keduanya tidak mengakibatkan perubahan rasa yang signifikan yang membedakan hanya tepung olahanya saja.

Es dawet atau es cendol biasanya disajikan dengan santan dan sirup gula sebagai pelengkapnya. Minuman segar ini paling cocok dinikmati saat matahari terik di siang hari. Perpaduan rasa gurih yang diperoleh dari santan dan sirup gula jawa menjadikan es dawet memiliki keunikan tersendiri dari minuman yang lain. Seiring dengan perkembangan zaman, es cendol mulai dikreasikan dengan berbagai pilihan topping diantaranya potongan buah nangka, buah durian, buah alpukat dan ketan hitam. Untuk sirup gulanya sendiri juga telah di inovasi kan menjadi berbagai rasa yaitu gula rasa jahe dan gula rasa durian. Warna  hijau pada cendol didapat dari bahan alami yaitu daun pandan atau bisa juga memakai daun suji sedangkan cara membentuk menjadi bulir-bulir yaitu disaring menggunakan saringan khusus.

 

  • Wedang jahe

Wedang jahe merupakan minuman tradisional yang terbuat dari rempah-rempah tanaman jahe. Wedang dalam bahasa jawa berarti minuman hangat, ya karena jahe pada zaman dahulu lebih nikmat jika diminum selagi masih hangat. Eksistensi wedang jahe hingga saat ini masih banyak dinikmati oleh penggemarnya, bahkan wedang jahe menjadi menu minuman andalan beberapa cafe dan restoran di sekitar kalian. Aroma yang sangat khas dari wedang jahe dapat diperkuat dengan menambahkan daun sereh, batang pandan, cengkeh dan kayu manis.

Jangan salah, meskipun jahe minuman jadul alias jaman dulu ternyata wedang jahe mengandung banyak manfaat untuk kesehatan loh. Diantaranya dapat meredakan mual, mengurangi peradangan, melancarkan peredaran darah, menyehatkan sistem pernapasan hingga dapat menurunkan berat badan. Tenang, untuk kalian yang tidak mau repot membuat wedang jahe, sekarang sudah tersedia jahe dalam kemasan.

 

  • Kelapa muda

Siapa yang belum tau buah yang memiliki banyak manfaat mulai dari tunasnya hingga buahnya? Semua anggota tubuh pohon kelapa dapat bermanfaat bagi perekonomian di Indonesia. Tetapi kali ini kita akan fokus mengenai buah nya saja. Kelapa muda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya yaitu penyejuk dahaga, pengganti cairan tubuh, mencegah gangguan pencernaan, membersihkan racun dari tubuh dan masih banyak lagi.

Jadi tidak heran bukan jika kelapa muda menjadi minuman segar yang tak lekang dimakan waktu hingga saat ini. Kelapa muda dapat dinikmati langsung atau dapat dikombinasikan menjadi berbagai minuman lainya.  Inovasi minuman dari kelapa muda diantaranya ice cream, es campur, es kuwud, dan berbagai olahan minuman dengan campuran buah yang lainnya.

 

  • Wedang ronde

Pernahkah kalian melihat minuman yang terdapat bola-bola berwarna merah didalamnya? Jika iya, nama minuman tersebut adalah wedang ronde. Wedang ronde berasal dari Tiongkok yang diadaptasi ke di indonesia, meskipun demikian penikmat wedang ronde dari dulu hingga sekarang masih tetap ada. Wedang ronde atau minuman ronde hangat terbuat dari campuran beberapa rempah-rempah, untuk kuah nya sendiri terdiri dari rebusan pandan, cengkeh dan  kayu manis. Sedangkan bola-bola imut berwarna merah, putih dan hijau terbuat dari ketan yang diisi dengan tumbukan kacang atau irisan gula merah. Sehingga timbul sensasi lumer pada saat bola-bola imut tersebut di gigit.

Sebenarnya Kuah ronde terdiri dari 2 macam rasa yaitu ada yang memiliki rasa manis ada juga yang tidak. Namun untuk di Indonesia sendiri kebanyakan banyak yang menjual wedang ronde dengan kuah berasa manis.

Untuk penyajiannya wedang ronde terdiri dari bola-bola warna-warni, kacang tanah yang di sangrai, kolang-kaling, agar-agar, dan roti tawar. Untuk menambah cantik tampilan biasanya diberi irisan daun pandan dan batang sereh sebagai garnish.

 

  • Es kuwut

Mungkin beberapa orang masih asing dengan nama minuman ini, es kuwut merupakan minuman segar yang berasal dari pulau Bali. Ditengah terik nya sinar matahari minuman dingin dan segar ini dapat menghilangkan dahaga kalian. Kuwut memiliki arti kelapa, es kuwut yaitu minuman yang berasal dari kelapa dan dikombinasikan dengan berbagai bahan lainnya seperti buah melon, biji selasih dan jeruk nipis. Hampir mirip dengan poin ke 3 kan ya.

Sudah ada bayangan kesegaran minuman ini kan? Untuk mengimbangi rasa asam es kuwut ini biasanya diberi sirup strawberry, melon atau gula. Untuk kalian yang belum pernah mencoba minuman ini dapat kalian coba buat dirumah ya. Dijamin kesegarannya dapat memanjakan lidah siapapun yang mencicipinya.

Bagaimana? Pembahasan minuman yang tak lekang oleh zaman ini sesuai dengan yang ada dipikiran kalian tidak? Semoga sama ya. Untuk kalian yang belum pernah mencoba minuman segar legendaris ini, segera cari outletnya di kota kalian ya…