Inilah Beberapa Penyebab Retak Pada Beton

Inilah Beberapa Penyebab Retak Pada Beton

penyebab-retak-pada-beton

Penyebab Retak Pada Beton Pasca Konstruksi

Pada artikel sebelumnya kami telah membahas mengenai beton bertulang dimana salah satu bahan material ini merupakan penggabungan dari dua material sehingga menghasilkan kelebihan dibandingkan bila material tersebut tidak digabung. Tetapi di balik sebagian kelebihan yang dimiliki oleh beton bertulang bila dibanding dengan bahan material yang lain, material ini juga mempunyai permasalahan yang bisa mengurangi kelebihannya.

Di antara permasalahan yang kerap didapati yaitu permasalahan Retak Pada Beton yang kerap terjadi pada bahan itu. Pada halaman ini sudah kami rangkum hal hal apa saja penyebab retak pada beton hanya pada saat Pasca konstruksi saja, karena retak pada beton sebenarnya ada dua yaitu :

  • Pra-konstruksi.
  • Pasca konstruksi.

Sebenarnya setiap beton bertulang pasti akan mengalami retakan, yang perlu diperhatikan adalah apakah retakan itu bisa ditolerir dan tak beresiko atau retakan itu membahayakan struktur bangunan keseluruhannya atau tidak. Keretakan pada beton ini dikarenakan oleh banyak hal, selain dampak dari karakter beton itu sendiri maupun aspek lingkungan luar yang memengaruhi beton.

1. Pengaruh lingkungan

Pengaruh lingkungan berperan sangat vital karena beton pada bangunan mengalami kontak langsung dengan cuaca luar. Sehingga bangunan yang berumur cukup lama pun banyak mengalami retakan. Salah satu pengaruh lingkungan yang menyebabkan retak pada beton adalah akibat air hujan. Akibat sekian lama beton pada bangunan tua menerima air hujan secara langsung, lama – kelamaan air hujan masuk meresap kedalam beton yang kemudian mencapai tulangan pada beton. Apabila air hujan sampai mengenai baja tulangan, maka akan terjadi reaksi pada besi baja tulangan sehingga menyebakan baja tulangan menjadi berkarat. Akibat korosinya baja tulangan beton akan mengalami retak – retak.

2. Pembebanan

Setelah beton sudah jadi dan bangunan tersebut telah siap untuk dipakai maka beton tersebut akan menerima berbagai macam beban. Apabila beton menerima beban sesuai dengan kapasitas kekuatannya, beton akan baik – baik saja. Tetapi kadangkala pada prakteknya dilapangan beton akan menerima beban diluar kemapuannya untuk menahan beban tersebut, sehingga Retak Pada Beton pun tidak bisa dihindari. Untuk itu gunakan beton readymix yang menawarkan banyak mutu beton dan tingkatan slump sesuai kebutuhan di proyek.

Salah satunya beton readymix produksi PT.SCG Jayamix yang merupakan produsen tertua di Indonesia yang menawarkan beton segar siap pakai yang dibawa 2 tipe truk mixer untuk sampai ke customernya. Harga beton jayamix beragam sesuai dengan tingkatan mutu beton dan truk pembawanya. Mutu beton yang disediakan mulai dari K B0 hingga mutu khusus K 600 yang banyak digunakan untuk pekerjaan khusus dan produksi precast seperti girder jembatan, tiang pancang dan lain lain.

Semoga beberapa penyebab keretakan pada beton pada halaman ini bisa mencerahkan dan membantu.