Hati-Hati Saat Memilih Rumah Perumahan, Rawan Penipuan

Hati-Hati Saat Memilih Rumah Perumahan, Rawan Penipuan

Memilih rumah bukanlah hal yang mudah, pasalnya rumah akan menjadi tempat tinggal kita selamanya. Memilih rumah yang baik akan cukup menyita waktu dan energi kita. Dalam memilih rumah tak bisa dilakukan sembarangan, kita harus berhati-hati untuk menghindari salah langkah dan kecewa di kemudian hari.

Saat ini sudah banyak perumahan yang menawarkan hunian yang aman dan nyaman. Banyak keuntungan yang bisa anda peroleh dengan membeli rumah di perumahan, karena saat ini hampir semua perumahan sudah dilengkapi dengan berbagai berbagai fasilitas umum seperti pertokoan, sarana olahraga bahkan taman untuk bermain.

Namun anda tetap harus memperhatikan faktor-faktor penting lainnya. Nah, lalu bagaimana caranya memilih rumah di perumahan yang baik?

Bagi anda yang saat ini sedang bingung memilih rumah yang baik di perumahan, sebaiknya anda melakukan hal berikut ini.

1. Mengumpulkan Brosur

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang aneka perumahan beserta harganya. Kumpulkan brosur-brosur promosi perumahan, perhatikan semua kemudahan dan harganya. Jika perumahan yang anda pilih di pinggiran kota pilihlah perumahan yang memiliki akses untuk kendaraan umum dan jalan tol dengan mudah.

2. Survei

Setelah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dan memilih beberapa perumahan yang menurut anda cocok, langkah berikutnya adalah melakukan survei. Anda bisa mendatangi langsung ke lokasi perumahan untuk melihat langsung kondisi perumahan. Hal-hal yang harus anda perhatikan ketika melakukan survei adalah arah rumah, taman, posisi rumah, kondisi keamanan. Setelah melakukan survei anda tak perlu langsung terburu-buru memutuskan untuk membeli rumah tersebut karena masih banyak perumahan lain yang bisa anda bandingkan.

3. Status Rumah

Hal ini sangat penting, karena status rumah akan sangat mempengaruhi harga dari rumah tersebut. Pengembang biasanya menyediakan dua pilihan yakni siap huni atau inden (pembelian barang dengan cara memesan atau membayar terlebih dahulu). Untuk rumah siap huni berarti rumahnya sudah jadi dan siap dihuni sedangkan rumah inden anda hanya bisa memilih lokasi dari gambar peta situs perumahan kemudian menunggu 8 bulan sampai dua tahun untuk proses pembangunan rumah.

4. Harga Rumah

Anda harus bertanya pada pengembang secara jelas dan teliti. Apakah harga rumah sudah termasuk PPN 10%, biaya Akta Jual Beli (AJB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah Bangunan (BPHTB) dan biaya KPR.

5. Garansi Kerusakan

Ketika anda akan memutuskan untuk membeli rumah di perumahan sebaiknya anda mencari tahu apakah rumah yang dijual terdapat garansi kerusakan. Karena biasanya pengembang akan memberikan garansi selama 3 bulan setelah proses serah terima selesai. Dalam kurun waktu tiga bulan tersebut anda bisa meminta perbaikan secara gratis apabila terjadi kerusakan.

Demikianlah cara cerdas yang bisa anda terapkan sebelum anda memutuskan untuk membeli rumah di perumahan agar anda tak merasa kecewa di kemudian hari.