Fumigasi Terhadap Beras Sebelum Disalurkan

Untuk menjaga kualitas beras sebelum di distribusikan agar tetap bagus kepada warga yang menerima Beras Sejahtera (Rastra),  maka Badan Urusan Logistik (Bulog) biasanya akan melakukan fumigasi atau perawatan beras selama 10 hari sebelum disalurkan kepada penduduk sekitar. Beras rastra yang ditempatkan pada gudang tidak akan bisa di distribusikan kepada warga yang berhak menerima beras tersebut jika sedang dalam proses fumigasi untuk beras demi menjaga kualiatas sehingga menjadi bahan konsumsi yang layak untuk penduduk sekitarnya tersebut. Pada umumnya, bulog akan melakukan proses fumigasi yang umumnya dilakukan selama 10 hari sebelum pendistribusian. Selain beras, PT Fumida juga menyediakan layanan jasa fumigasi arsip.

Jika terdapat beras yang belum melewati proses fumigasi, maka nantinya beras tersebut di khawatirkan akan rusak karena di makan oleh hewan-hewan pengganggu seperti kutu. Tanda-tanda beras yang sudah di makan oleh kutu biasanya akan terjadi perubahan warna pada beras akibat terlalu lama di tumpuk di gudang. Kerusakan beras juga dapat di sebabkan oleh cuaca yang tidak mendukung. Karena jika kondisi udara dingin, maka tempat penyimpanan akan menjadi lembab dan saat itulah yang membuat timbulnya hama kutu dan menyerang beras semakin meluas. Jika sudah seperti ini, maka pihak bulog akan melaporkan terlebih dahulu pada provinsi data KPM dan kemudian selanjutnya akan di berikan Delivery Order (DO), maka pendistribusian beras baru dapat disebar kepada penduduk. Oleh karena itulah, fumigasimemiliki peran penting terkait tingkat kualitas beras yang mampu menghilangkan hewan-hewan pengganggu seperti kutu.

Karena jika beras telah terkena hama kutu, maka tidak memenuhi standar kualitas bahan pangan untuk dikonsumsi dan nantinya akan kembali diolah menggunakan sebuah mesin khusus yang berada di gudang bulog tersebut. Akan lebih baik jika bulog secara rutin melakukan sistem fumigasi ini dengan menumpuk ribuan karung raskin yang telah di kemas di dalam plastik dan kemudian di beri gas fumigan. Dengan cara ini, maka beras yang akan di distribusikan akan terbebas dari kutu dan mikro organisme lainnya.