Cara Melakukan Servis Kulkas Dengan Mengenali Komponennya

Alat elektronik seperti kulkas sudah bukan menjadi barang yang tabu lagi di masyarakat. Barang ini sudah menjadi salah satu kebutuhan sekunder yang harus dimiliki di setiap rumah. Mengapa demikian? Karena kulkas merupakan sebuah tempat yang mampu menyimpan makanan dan minuman dalam waktu yang cukup lama. Namun, apa jadinya jika kulkas tidak bekerja dengan semestinya maka perlu dilakukan servis kulkas dengan segera untuk mengembalikan kinerjanya seperti sedia kala.

Komponen Yang Perlu Dicek Sebelum Melakukan Servis kulkas

Kulkas biasanya terdapat beberapa ruang untuk menyimpan berbagai jenis makanan yaitu freezer untuk membekukan makanan atau minuman, refrigerator, chiller atas dan bawah. Semua ruang tersebut memiliki tugas masing-masing untuk mengawetkan makanan dan minuman tentunya dengan suhu yang berbeda.

Tetapi ada beberapa penyebab yang mengakibatkan keseluruhan ruang mengalami kendala sehingga perlu servis kulkas karena tidak dapat memberi suhu yang seharusnya. Berikut beberapa komponen penting kulkas:

  1. Compressor

Komponen ini sering disebut sebagai jantung kulkas karena komponen ini bertugas memompa gas freon ke kondensor lalu ditampung terlebih dahulu hingga terjadi panas. Selanjutnya gas mengalir melalui pipa kapiler berdiameter kecil yang mengubah gas menjadi cair lalu cairan itu mengalir ke evaporator yang mempunyai pipa besar dan menyemprot ke ruang pipa evaporator. Berikutnya gas menguap dan mengambil udara panas dan kembali ke compressor, inilah yang membuat kulkas bekerja.

  1. Thermostat

Komponen yang berada di dalam kulkas ini berfungsi sebagai pengontrol temperature dan menjaga supaya suhu tetap stabil seperti yang diharapkan. Komponen ini berada di ruang kulkas yang dapat diputar dan terdapat beberapa pilihan seperti low medium high, warm medium cooldest atau angka.

Temperatur freezer berkisar 0° hingga 25° Celcius sedangkan refrigerator dan chiller berkisar 2° sampai 10° Celcius. Jika keduanya tidak berjalan optimal biasanya thermostat bermasalah dan perlu diganti.

  1. Overload

Komponen ini terletak menempel dengan kompresor di kulkas, ada dua tipe overload yaitu memakai songket sehingga bisa diganti ketika mengalami kerusakan dan overload dengan model tanam langsung pada kompresor.

Overload berfungsi sebagai pengontrol temperature pada kulkas, artinya jika kulkas mengalami beban listrik berlebih maka overload akan memutuskan arus dan bekerja kembali jika mesin sudah dingin. Overload tidak akan bekerja maksimal jika sudah keropos karena lama terpakai dan kotor.

  1. Switch Pintu Kulkas

Alat ini berada di antara pintu kulkas berwarna putih yang akan tertekan jika pintu kulkas sudah ditutup. Switch ini berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan kipas blower serta mematikan dan menghidupkan lampu ruang pada bagian bawah kulkas.

Switch ini akan berjalan atau berputar untuk menyebarkan udara ke segala sisi jika pintu tertutup dan akan berhenti jika pintu terbuka. Terhentinya kipas blower tersebut berguna supaya suhu dingin tetap terjaga dan tidak cepat keluar. 

Sebelum melakukan servis kulkas ataupun jasa service mesin cuci tentunya kulkas mengalami kendala dalam beberapa komponen di dalamnya. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda mengetahui komponen yang nantinya diperbaiki oleh teknisi supaya jika akan ada yang diganti salah satu komponennya maka Anda tahu pasti memang perlu perbaikan.

Selain itu, percayakan servis segala macam alat elektronik Anda pada teknisi yang memang mengetahui secara pasti alat elektronik tersebut, terpercaya, handal dibidangnya dan lebih baik lagi jika sudah professional.