3 Jenis Peluang Usaha yang Potensial di Indonesia

Jenis peluang usaha yang bisa dijalankan di Indonesia memang sangat banyak. Namun begitu, tidak semua peluang usaha tersebut potensial untuk dijalankan. Oleh sebab itu, jika Anda ingin menjalankan bisnis, Anda harus teliti.

Beberapa jenis peluang bisnis di Indonesia yang menurut kami cukup potensial untuk dijalankan adalah sebagai berikut:

Beberapa Jenis Peluang Usaha yang Potensial untuk Dijalankan di Indonesia

  1. Usaha di Bidang Peternakan

Indonesia sampai saat ini masih belum bisa memenuhi kebutuhan komoditi ternak berupa daging sapi dan susu dari dalam negeri. Hal ini dibuktikan dengan aktivitas impor yang dilakukan oleh pemerintah di waktu – waktu tertentu seperti menjelang Idul Fitri dan Idul Adha.

Nah, ini merupakan sebuah peluang! Jika sampai saat ini kebutuhan komoditi ternak di Indonesia masih belum terpenuhi, artinya masih ada gap antara permintaan dan penawaran yang bisa dimanfaatkan.

Dengan kata lain, pasar untuk menampung komoditi ternak yang kita hasilkan nanti sudah tersedia.

Ya walaupun dalam prakteknya usaha di bidang peternakan merupakan usaha yang sarat akan risiko, namun dengan pola penanganan yang tepat, usaha ini insya Allah pasti bisa berhasil.

  1. Usaha di Bidang Pertanian

Jenis peluang usaha kedua yang tidak kalah potensial untuk dijalankan di Indonesia adalah usaha di bidang pertanian.

Indonesia terletak di daerah tropis. Setiap tahunnya, Indonesia selalu mendapatkan pasokan air hujan dan sinar matahari yang cukup. Karena itu, Indonesia benar – benar sangat cocok untuk dijadikan sebagai sentral usaha di bidang pertanian.

Di lain sisi, jika dilihat dari sudut pandang pasar, kebutuhan beberapa komoditi pertanian di Indonesia terkadang juga masih belum bisa dipenuhi dari dalam negeri.

Komoditi beras contohnya. Untuk memenuhi kebutuhan beras nasional, sampai saat ini pemerintah masih harus melakukan aktivitas impor dari beberapa negara tetangga.

Oleh sebab itu, jika merujuk pada dua sudut pandang di atas, maka peluang usaha pertanian di Indonesia cenderung masih sangat potensial untuk dijalankan.

  1. Usaha Online

Jenis peluang usaha selanjutnya yang juga sangat potensial untuk dijalankan di Indonesia adalah usaha online.

Saat ini hampir seluruh aspek kehidupan manusia sudah terhubung dengan jaringan internet. Dari mulai proses penyebaran informasi sampai dengan aktivitas jual beli, semuanya sudah bisa dijalankan melalui jaringan internet.

Nah, jika teliti, ada banyak celah bisnis yang bisa dimanfaatkan di dunia internet. Dari mulai bisnis jualan online, sampai dengan bisnis kursus online, semuanya sudah bisa dijalankan dengan cukup mudah.

Hebatnya lagi, mayoritas usaha online yang ada pada saat ini cenderung dapat dijalankan dengan modal yang terbatas.

Mau online ataupun investasi offline seperti kavling kampoeng kurma, Anda tetap harus selektif. Nah, jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menjalankan salah satu dari beberapa jenis peluang usaha di atas?